Friday 20 November 2015

Biaya masuk ke wisata Candi Prambanan

Biaya masuk ke wisata Candi Prambanan

Candi prambanan adalah salah satu candi yang terkenal di Indonesia setelah candi borobudur, jika candi borobudur adalah candi buda dan candi prambanan ini adalah candi hindu, keduanya sama-sama dilokasi satu prpvinsi yaitu provins jawa tengah tepatnya di kabupaten sleman yogyakarta atau di klaten Jawa tengah, karena memang candi ini uniknya menempat tepat di dua kabupaten (sleman dan klaten) dan dua provinsi (yogyakarta dan jawa tengah).

tempat objek wisata di jawa tengah

Cerita rakyat mengisahkan candi ini sebagai candi roro jonggrang yang terkenal dengan seribu candi walaupun dalam kenyataannya hanya ada sekitar 240 candi. candi prambanan ini menjadi sebuah bukti nyata betapa hebatnya peradaban di zaman dulu dengan kemegahannya candi prambanan tersebut bisa tercipta tanpa dan sebelum adanya technologi canggih.

konon katanya candi prambanan ini sebagai persembahan dewa siswa atau terkenal dalam istilah umat hindu adalah dewa penghancur, nama asli candi prambanan ini adalah siwaghra yang artinya adalah rumah siwa (dalam bahasa sansekerta). diantara candi-candi tersebut terdapat candi utama yaitu candi dewa siwa yang berukuran kurang lebih 46 meter dan disamping kanan kiri terdapat candi dewa wisnu dan candi dewa brahmana yang berukuran kurang lebih 33 meter, ketiga candi ini disebut dengan candi Trimurti.
menurut perkiraan candi prambanan ini dibangun pada abad ke 9 pada saat dinasti sanjaya, pada tahun 1733 candi prambanan di temukan kembali oleh Ca lons seorang warga belanda penemuan ini lebih awal daripada penemuan Candi Borobudur oleh Sir Thomas Stamford Raffles.

Atas kehebatan arsitektur dan seni dari candi prambanan tersebut tidak heran jika candi prambanan banyak yang menjadikan sebuah tempat wisata, dan anda bisa mengunjungi tempat wisata candi prambanan ini jika dari yogyakarat membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk menuju ke lokasi.

Jam buka berkunjung ke wisata candi Prambanan

Setiap hari: 06:00 – 17:00
Dan jika saat anda berkunjung ke candi prambana ini Pada saat digelar pertujunkan sendratari Ramayana, maka anda masih bisa masuk ke lokasi di malam hari setelah membeli tiket.

Harga tiket masuk Candi Prambanan

Adapun harga tiket atau biaya masuk ke lokasi candi prambanan ini adalah :
  1. Orang Dewasa: Rp. 30.000 untuk WNI dan  $18 untuk WNA
  2. Anak-anak: Rp. 12.500 untuk WNI dan $9 untukWNA
Setelah anda mengetahui harga tiket atau biaya masuk ke lokasi tempat wisata candi prambaban maka anda tidak penasaran lagi berapa besar atau kisaran biaya untuk menikmati keindahan objek wisata candi prambanan jawa tengah ini, sampai jumpa happy wisata. by: Anjar

No comments:

Post a Comment